5 Sungai Terpanjang di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau dan ratusan sungai yang membentang dari hulu hingga ke hilir. Sungai-sungai tersebut tersebar diseluruh penjuru Indonesia dan beberapa sungai terpanjang terletak di pulau-pulau besarnya, seperti Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Papua. Sungai dari dulu hingga saat ini memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat, selain sebagai jalur transportasi, sungai juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi mata pencaharian. Berbicara mengenai sungai, di Indonesia terdapat sungai yang begitu panjang, bahkan panjangnya mencapai lebih dari 1.000 Km yaitu sungai Kapuas yang menjadi sungai terpanjang di Indonesia.

Berikut adalah 5 sungai terpanjang di Indonesia :

1. Sungai Musi


Sungai yang telah menjadi icon kota Palembang, Sumatera Selatan ini merupakan sungai terpanjang ke dua di Sumatera setelah sungai Batanghari. Sejak dahulu kala pada saat zaman Kerajaan Sriwijaya, sungai Musi telah menjadi sarana tranportasi bagi masyarakat sekitar. Sungai ini membelah kota Palembang menjadi 2 bagian yang dihubungkan dengan jembatan Ampera. Sungai sepanjang 750 Km ini berasal dari mata air Kepahiang, Bengkulu dan bermuara di Selat Bangka.

2. Sungai Batanghari





Sungai selanjutnya yang masuk kedalam daftar sungai tepanjang di Indonesia adalah sungai Batanghari. Sungai yang terletak di Sumatera Barat ini merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera yang panjangnya mencapai 800 Km. Bagian hulu dari sungai ini adalah Gunung Rasan dan bermuara terus hingga ke bagian timur Pulau Sumatera yaitu Muara Sabak. Tak jauh bedanya dengan sungai-sungai lain, sungai Batanghari juga menjadi sebagai salah satu sarana tranportasi masyarakat sekitar.

3. Sungai Barito




Sungai yang mata airnya berasal dari pegunungan Muller ini merupakan sungai terpanjang ke 3 di Indonesia dan juga merupakan sungai terlebar di Indonesia, dengan lebar rata-rata 600 - 1.000 m. Sungai barito memiliki panjang 909 Km dan bermuara ke Laut Jawa. Sungai ini melewati Kalimantan Tengah dan juga Kalimantan Selatan.

4. Sungai Mahakam




Sungai Mahakam yang berada di Kalimantan Timur ini memiliki panjang 920 Km dan bermuara ke Selat Makassar. Dengan panjang 920 Km, membuat sungai Mahakam menjadi sungai terpanjang ke 2 di Indonesia setelah Sungai Kapuas. Disungai ini juga ditemukan Pesut Mahakam, salah satu mamalia air tawar yang sedang terancam kepunahan.


5. Sungai Kapuas



Sungai yang setiap hari saya seberangi ini merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 Km. Sama halnya dengan sungai Barito, sungai ini juga berasal dari mata air pegunungan Muller dan bermuara ke Selat Karimata. Sungai ini memiliki peranan yang sangat penting bagi masyarakat sekitar, selain sebagai jalur transportasi, sungai ini juga menjadi habitat untuk lebih 300 jenis ikan air tawar yang menjadi sumber mata pencaharian masyarakat.





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "5 Sungai Terpanjang di Indonesia"

 
Copyright © 2015 5 For Fact - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top