5 Puncak Tertinggi di 5 Benua

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai gunung-gunung yang memiliki ketinggian yang fantastis di 5 benua sehingga dapat disebut sebagai kaki langit. Dikarenakan tema blog ini adalah mengenai 5 hal, maka hanya akan dibahas 5 puncak tertinggi, walaupun sebenarnya telah ada yang namanya 7 Summit yaitu 7 puncak tertinggi di 7 benua. Gunung-gunung ini menjadi dambaan setiap pendaki untuk menaklukannya, bahkan harus siap bertaruh nyawa untuk melakukannya.

Berikut 5 Puncak tertinggi di 5 Benua

1. Kilimanjaro - Afrika





Gunung Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi di Afrika yang terletak di negara Tanzania. Gunung ini disebut juga Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor yang berarti gunug putih dalam bahasa Masai, suku asli dari afrika. Saat pendaki akan mendaki Kilimanjaro, pendaki akan merasakan hampir semua iklim yang ada di Bumi. Walaupun gunung ini terletak digaris ekuator, namun puncaknya selalu diselimuti salju abadi dikarenakan tinggi gunung ini. Gunung ini memiliki ketinggian yaitu 5.895 Mdpl dengan puncak tertinggi Puncak Uhuru.

2. Elbrus - Eropa





Didataran Eropa gunung Elbrus merupakan gunung yang paling tinggi. Berada di selatan rusia dekat dengan perbatasan Georgia, gunung ini menjadi salah satu tujuan para pendaki untuk melengkapi ke 7 puncak dalam 7 Summit. Sepanjang tahun gunung ini akan selalu ditutupi salju dan gletser. Untuk tingginya sendiri, gunung elbrus memiliki tingi  5.642 Mdpl.



3. Everest - Asia






Selain tercatat sebagai gunung tertinggi di Asia, Everest juga tercatat sebagai gunung tertinggi di dunia. Gunung yang menjadi bagian dari pegunungan Himalaya ini terletak di Nebal dan kawasan Tibet di Cina. Dengan ketinggian 8.848 Mdpl, gunung everst menjadi tujuan 7 Summits dan juga Eight-thousanders (Gunung dengan ketinggian 8.000 meter atau lebih)

4. Aconcagua - Amerika






Pada list 7 Summits, benua Amerika telah dibagi menjadi 2 yaitu Amerika Selatan dan Amerika Utara. Namun dalam artikel ini, benua Amerika akan digabung dan diambil satu gunung saja yaitu Aconcagua. Anoncagua adalah gunung tertinggi di Amerika terletak Provinsi Mendoza, Argentina sekitar 15 kilometer lagi dari perbatasan Argentina & Cili. Gunung ini memiliki tinggi hingga 6.962 Mdpl.

5. Kosciuszko - Australia




Gunung yang terakhir adalah gunung Kosciuszko yang terletakdi New South Wales, Australia. Gunung yang tinggi nya 2.228 Mdpl ini permukaannya akan selalu ditutupi salju dan merupakan gunung tertinggi di Benua Australia. Namun didalam list 7 Summit, gunung ini tidak termasuk dikarenakan terlalu rendah. Untuk menggantikannya maka dipilihlah Carstensz Piryramid dengan ketinggian 4.884 Mdpl yang mewakili wilayah Oceania.









Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "5 Puncak Tertinggi di 5 Benua"

 
Copyright © 2015 5 For Fact - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top