5 Kota Terbersih di Indonesia

Indonesia hingga saat ini telah memiliki 34 Provinsi dengan 415 Kabupaten yang dipimpin oleh kepala daerah masing-masing. Setiap daerah pasti berlomba untuk membenah dirinya agar menjadi lebih baik, bersih, maju dan aman, yang secara tidak langsung akan berpengaruh pada pendapatan daerah tersebut. Untuk memacu daerah-daerah dalam berbenah diri, pemerintah melalui kementerian negara lingkungan hidup kembali memberikan penghargaan Adipura bagi daerah yang sukses menjaga kebersihan lingkungannya. Berdasarkan penghargaan adipura tahun lalu (2015) ada beberapa daerah yang menerima penghargaan tersebut sesuai dengan kategori daerah masing-masing. Daerah-daerah tersebut dianggap telah mampu menjaga kebersihan lingkungannya serta merawat kebersihannya agar menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Dari keseluruhan daerah penerima Adipura, berikut dirangkum 5 diantaranya yang menyandang kota terbersih di Indonesia.

Berikut 5 daerah terbersih di Indonesia :

1. Medan





Medan yang merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara ini adalah salah satu kota yang termasuk dalam kota terbersih tahun 2015. Medan menjadi kota terbesar dan termaju di pulau Sumatera dengan luas 72.981 Km² dengan jumlah penduduk mencapai 12.982.204 jiwa. Kemampuan pemerintah kota medan dalam menjaga kebersihan lingkungannya membuat kota Medan menjadi destinasi wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

2. Palembang




Kota Palembang tidak hanya mengandalkan makanan khasnya yaitu pempek untuk menjadi daya tarik wisatawan. Namun keberhasilan pemerintahnya dalam menjaga kebersihan kota Palembang dan kemampuan mengelola sungai Musi menjadi sarana pariwisata merupakan daya tarik tersendiri bagi kota Palembang. Kota yang merupakan kota terbesar ke dua di pulau Sumatera ini memiliki luas 358.55 Km² dengan jumlah penduduk mencapai 1.7 Juta jiwa.

3. Semarang




Dengan luas wilayah 32.548 Km², Semarang kini telah menjelma menjadi salah satu kota besar di pulau Jawa. Kota semarang telah berhasil merawat dan menjaga kebersihan kotanya serta mampu menangani sampah yang ada pada kota tersebut. Ibu kota Jawa Tengah ini juga merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia.

4. Tangerang

 


Kota yang berada disebelah barat ibukota negara, Jakarta ini masuk kedalam kawasan provinsi Banten. Pemerintah kota Tangerang berhasil menjaga kebersihan lingkungan kotanya serta mampu merawat taman-tamannya dengan baik, sehingga membuat kota ini layak untuk menjadi kota pilihan tempat tinggal yang nyaman. Kota yang jumlah penduduknya hingga 1.8 Juta jiwa ini memiliku luas 164.54 Km² yang terbagi kedalam 13 kecamatan dan 104 kelurahan. 

5. Surabaya




Kota yang mendapat julukan Kota Pahlawan ini mampu membuat lingkungan kotanya menjadi asri dan bersih serta nyaman untuk dipandang. Dibekali dengan taman-taman yang indah di beberapa penjuru kota serta keberhasilan mengelola sampahnya dengan baik membuat kota Surabaya terpilih sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia dan menyabet penghargaan Adipura. Kota Surabaya memiliki luas 333.06 Km² dengan jumlah penduduk mencapai 2.9 Juta jiwa.
 

 
 


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "5 Kota Terbersih di Indonesia"

 
Copyright © 2015 5 For Fact - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top