5 Gunung Tertinggi di Indonesia

Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas mengenai 5 gunung tertinggi di dunia, maka kurang lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai gunung-gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki gunung-gunung berapi terbanyak dan tertinggi di dunia. Salah satunya adalaha Carstensz Pyramid yang masuk dalam daftar 7 Summits. Untuk lebih lengkapnya berikut 5 gunung tertinggi di Indonesia :

1. Gunung Latimojong - Sulawesi Selatan



Gunung pertama yang masuk dalam daftar ini adalah gunung Latimojong. Gunung ini memiliki tinggi 3.478 Mdpl dengan puncaknya Rante Mario. Gunung yang berada di Kaputan Enrekang, Sulawesi Selatan, ini merupakan gunung tertinggi di pulau Sulawesi. Jika ingin melakukan pendakian maka jalur yang ditempuh adalah melewati desa Karangan.

2. Gunung Semeru - Jawa Timur






Gunung Semeru terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung ini termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan merupakan gunung berapi tertinggi di pulau Jawa serta Gunung berapi tertinggi ke tiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di NTB. Gunung ini memilikit ketinggian 3.767 Mdpl dengan puncaknya bernama Mahameru sedangkan kawah di puncak gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

3. Gunung Rinjani - NTB





Gunung selanjutnya adalah gunung Rinjani yang terletak di Lombok bagian utara, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang memiliki tinggi 3.726 Mdpl ini merupakan gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia. Selain puncak gunungnya yang memukau, salah satu daya tarik gunung ini adalah adanya Danau Segara Anak diketinggian 2.000 Mdpl. Ditengah danau tersebut terdapat gunung Barujari yang masih aktif hingga saat ini.


4. Gunung Kerinci - Jambi






Di pulau Sumatera terdapat gunung berapi tertinggi di Indonesia yaitu Gunung Kerinci. Gunung yang masih aktif ini memiliki ketinggian 3.805 Mdpl dengan puncak yang bernama puncak Indrapura. Gunung Kerinci terletak di perbatasan provinsi Sumatera Barat dan Jambi serta dikelilingi oleh hutan lebat dari Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan habitat dari Harimau Sumatera dan Badak Sumatera.

5. Carstensz Pyramid - Papua





Carstensz Pyramid (Puncak Jaya) adalah puncak tertinggi di Indonesia yang terletak di Provinsi Papua, yang merupakan bagian dari barisan pegunungan Sudirman. Puncak jaya memiiki tinggi 4.884 Mdpl dengan puncak yang tertutup salju abadi. Puncak jaya juga termasuk kedalam tujuh puncak tertinggi di dunia (Seven Summits). Untuk menuju ke puncak jaya yang merupakan gunung karang (limestone) ini dapat melalui jalur normal yaitu melewati desa Ilaga.







Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "5 Gunung Tertinggi di Indonesia"

 
Copyright © 2015 5 For Fact - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top